MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SISWA SMP

 

Berangkat dari keyakinan bahwa penanaman nilai-nilai luhur dapat diperkenalkan sejak dini, dengan cara menyisipkan melalui beberapa mata pelajaran, tanpa harus membuka mata pelajaran khusus, untuk itu. KPK bersama-sama dengan Unika Soegijapranata dan beberapa guru dari sekolah di lingkungan kota Semarang, menyelesaikan materi pendidikan antikorupsi untuk Sekolah Menengah tingkat Pertama, yang terdiri dari nilai-nilai luhur, yaitu kejujuran, tanggung jawab, keberanian, kepedulian, kegigihan serta daya juang ke dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKN, dan Seni Budaya.

Para pendidik, orang tua atau siapapun yang berminat pada upaya penanaman nilai-nilai luhur sejak dini dapat menggunakan buku ini sebagai salah satu acuan materi dalam pendidikan di tingkat SMP/MTs.

 

 

Modul Pendidikan Antikorupsi SMP/MTs kelas 1

Buku ini berisi penanaman nilai-nilai antikorupsi, yang berfokus pada sikap tanggung jawab, disiplin, dan jujur. Dalam setiap bagian, disajikan contoh-contoh sikap tersebut disertai dengan berbagai cerita  tentang nilai-nilai luhur.

 

Manfaat yang diperoleh dari buku ini antara lain: 1) mengerti arti tanggung jawab, 2) mengetahui bentuk-bentuk tanggung jawab, 3) mengetahui keuntungan dan akibat buruk dari tanggung jawab, 4) mengetahui ciri-ciri pemimpin yang bertanggung jawab.

 

download

 

Modul Pendidikan Antikorupsi SMP/MTs kelas 2

Buku ini berisi penanaman nilai-nilai antikorupsi, yang berfokus pada sikap sederhana, kerja keras, dan mandiri. Dalam setiap bagian, disajikan contoh-contoh sikap tersebut disertai dengan berbagai cerita  tentang nilai-nilai luhur.

 

Manfaat yang diperoleh dari buku ini antara lain: 1) mampu menyebutkan sifat kesederhanaan, 2) menjelaskan manfaat dari kesederhanaan, 3) mampu membedakan sifat ambisi dengan tamak, 4) menyimpulkan akibat dari keserakahan, 5) menjelaskan cara hidup sederhana.

 

download

 

Modul Pendidikan Antikorupsi SMP/MTs kelas 3

Buku ini berisi penanaman nilai-nilai antikorupsi, yang berfokus pada sikap adil, berani, dan peduli. Dalam setiap bagian, disajikan contoh-contoh sikap tersebut disertai dengan berbagai cerita  tentang nilai-nilai luhur.

 

Manfaat yang diperoleh dari buku ini antara lain: 1) mampu mengidentifikasi dan menjelaskan karakter adil sebagai karakter utama yang harus dimiliki pelajar anti korupsi, 2) berminat untuk mengenali karakter adil, 3) menunjukkan karakter adil, 4) terbiasa berperilaku adil dalam kehidupan sehari-harinya, 5) melakukan kontrol diri agar selalu berperilaku adil.

 

download