Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menggelar ACFFest (Anti-Corruption Film Festival) 2019 yang banyak membawa perubahan dan ditunggu oleh anak muda di Indonesia. Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat (Dikyanmas), Deputi Bidang Pencegahan, menilai film merupakan medium audio visual yang paling efektif untuk menyampaikan pesan antikorupsi pada seluruh lapisan masyarakat. Melalui film, nilai-nilai antikorupsi lebih cepat dan mudah dipahami oleh masyarakat. 

Anti-Corruption Film Festival – ACFFest 2019 bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat pada perilaku anti-korupsi, menanamkan perilaku anti-korupsi, mendorong partisipasi masyarakat untuk turut serta dalam pemberantasan korupsi, serta dalam rangka membangun kampanye gerakan anti-korupsi melalui media film ini. Karena pemberantasan korupsi akan berhasil jika masyarakat terlibat dan berperan serta secara aktif dalam gerakan antikorupsi yang mendorong kesadaran untuk menciptakan perubahan sosial.

Program ACFFest kali ini berfokus pada kompetisi ide cerita film pendek dengan mengambil tema ‘Antikorupsi’. KPK membuka kesempatan untuk para pembuat film mengirimkan ide filmnya dan yang terpilih akan mendapat bantuan dana produksi sebesar Rp 20.000.000,-. Selain mendapatkan bantuan dana produksi, pembuat film juga berhak mengikuti movie camp, coaching clinic dari pembuat film profesional, dukungan online editing di Jakarta, dan pendampingan mentor lokal.

Kompetisi ide cerita dibuka sejak 28 Mei - 20 Agustus 2019. KPK akan memilih 10 (sepuluh) proposal ide cerita yang paling menarik. Pembuat film akan diberikan waktu untuk produksi selama 2 (dua) bulan dari September-Oktober 2019. Film-film yang telah selesai diproduksi nantinya akan ditutup dengan Malam Penganugerahaan ACFFest 2019 di Jakarta, November mendatang. 

Dalam kegiatan sosialisasi ini, KPK memberikan kesempatan bagi para pembuat film jika ingin berdiskusi dengan perwakilan KPK terkait tema dan detail program ACFFest. KPK juga akan menghadirkan narasumber lain yaitu sutradara film yang akan menjelaskan lebih detail tentang produksi film pendek.

Bersama ACFFest 2019, Muda Beraksi Antikorupsi!