Pencocokan Data LHKPN dengan SPT Tahunan

Q : Apakah ada pencocokan antara data yang terdapat di LHKPN dengan harta yang disampaikan di SPT Tahunan? Apakah memungkinkan apabila kedua laporan tersebut digabung, mengingat pada laporan seperti tahunan pun penyelenggara negara diminta untuk menyampaikan harta yang dimiliki?

Imron Rosidi, Jakarta


A : Yth. Pak Imron. Secara substansi yang terdapat pada Formulir LHKPN dengan SPT Tahunan pada dasarnya terdapat kesamaan, untuk pencocokan secara Institusi antara pengelola LHKPN (d.h.i Direktorat PP LHKPN-KPK) dengan Pengelola SPT Tahunan (Ditjen Pajak – Kemenkeu) dimungkinkan untuk dilakukan sesuai dengan kebutuhan dari instansi masing-masing. Secara individual, pada saat seorang wajib pajak yang juga wajib LHKPN pada dasarnya isian harta yang diisikan adalah sama, hanya saja pada formulir LHKPN terdapat halaman pengisian harta yang lebih detail (halaman harta lainnya) sehingga pada nilai akhir harta akan sedikit berbeda dengan nilai akhir yang terdapat pada SPT Tahunan.

Pada saat ini ini LHKPN dan SPT berada di bawah instansi dan undang-undang yang berbeda. Sudah pernah dilakukan koordinasi terkait rencana penggabungan kedua laporan tersebut. Jadi kemungkinan untuk menggabungkan kedua laporan tersebut sebenarnya ada, namun butuh proses lebih lanjut.


Halaman ini diasuh oleh Direktorat LHKPN KPK.
Ingin menyampaikan pertanyaan seputar LHKPN, bisa mengirim email ke informasi.lhkpn@kpk.go.id