• Beranda
  • Artikel
  • Makalah
  • Materi Diskusi Melawan Korupsi di Sektor Sumber Daya Alam

Materi Diskusi Melawan Korupsi di Sektor Sumber Daya Alam

KPK memiliki perhatian besar terhadap penanggulangan korupsi di sektor Sumber Daya Alam (SDA). Tercatat sejak tahun 2009 hingga saat ini tahun 2018, KPK konsisten melakukan talaah maupun kajian di sektor ini. KPK pernah menginisiasi Gerakan Nasional Penyelamatan SDA yang melibatkan pihak-pihak terkait dari instansi terkait maupun masyarakat umum yang memiliki kepedulian yang sama.

Dua slide presentasi di bawah ini disusun oleh Laode M Syarif (Pimpinan KPK) dan Nirarta Samadhi (Direktur World Resources Indonesia), yang juga pernah menjadi salah satu Deputi di Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian (UKP4). Keduanya merupakan tokoh yang memiliki kepedulian besar terhadap Sumber Daya Alam Indonesia.

Dalam tayangan ini Laode M. Syarif menjelaskan tentang potensi kekayaan SDA di Indonesia, intervensi dan agenda program KPK di sector SDA, memperkenalkan kajian-kajian KPK di sector SDA, serta beberapa kasus yang ditangani KPK terkait sector SDA kehutanan.

Sementara Nirarta Samadhi menjelaskan SDA dari sudut pandang global yaitu tujuan pembangunan berkelanjutan dan berkeadilan sosial. Dijelaskan pula beberapa organisasi global yang memiliki kepedulian terhadap sector SDA, keterkaitan bencana dengan korupsi, dampak pemanfaatan SDA yang masif terhadap pertumbuhan ekonomi, studi kasus kerugian negara dari penghitungan kerusakan alam, mendorong transparansi serta mendorong partisipasi publik (khususnya generasi millennial) untuk memiliki kepedulian terhadap SDA dan korupsi.

 

Peran KPK dalam pemberantasan korupsi di sektor SDA oleh Laode M Syarif (Pimpinan KPK)

DOWNLOAD
573

Melawan Korupsi di sektor sumber daya alam oleh Nirarta Samadhi (Direktur World Resources Indonesia)

DOWNLOAD
596