edu icon header

Edukasi

Menyajikan program pelayanan pendidikan masyarakat tentang pengetahuan antikorupsi, media pembelajaran, audio visual antikorupsi, dll.

Modul Integritas Bisnis

Korupsi yang masih marak terjadi di Indonesia, selain melibatkan mereka yang bertugas di instansi pemerintahan, ternyata juga melibatkan pengusaha atau orang-orang yang bergerak di bisnis swasta. Kedeputian Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi menjadikan sektor swasta sebagai salah satu fokus area kerja.

Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK berperan untuk mendorong: (1) terbangunnya agen perubahan di sektor swasta, (2) terbentuk dan terimplementasinya kebijakan serta regulasi yang dapat memperkuat upaya pemberantasan korupsi di sektor swasta, (3) terwujudnya aksi kolaborasi (collaborative actions) pemberantasan korupsi di sektor swasta. Dalam mendukung upaya tersebut, Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat KPK menyiapkan modul-modul pembelajaran integritas bisnis (business integrity) yang akan diajarkan dan disebarluaskan untuk pihak swasta. Dengan adanya modul ini, diharapkan pemahaman dan kesadaran pihak swasta terkait dengan korupsi serta gerakan antikorupsi dan membangun bisnis berintegritas bisa berjalan lebih efektif, seiring dengan mendorong penurunan korupsi di Indonesia secara umum dan lingkungan swasta pada khususnya. Modul Dasar Hukum Tentang Korupsi Terkait Sektor Bisnis ini dibuat dengan tujuan agar peserta mampu memahami dengan baik dan benar tentang konsep korupsi, jenis-jenis korupsi, dan dasar hukum tindak pidana korupsi baik berdasarkan hukum nasional maupun internasional, serta contoh-contoh kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan sektor bisnis. Berikut modul-modulnya: