edu icon header

Edukasi

Menyajikan program pelayanan pendidikan masyarakat tentang pengetahuan antikorupsi, media pembelajaran, audio visual antikorupsi, dll.

Tata Cara Penanganan Perkara Pidana Korporasi

Di Indonesia, kedudukan korporasi sebagai subyek hukum dalam perkara tindak pidana mendapatkan perhatian dalam beberapa Undang-undang diantaranya UU Darurat Nomor 17 Tahun 1951 tentang Penimbunan Barang-barang, UU Darurat Nomor 7 Tahun 1955 tentang Pengusutan, Penuntutan dan Peradilan Tidak Pidana Ekonomi, UU Nomor 9 Tahun 1976 Tentang Penyimpangan Narkotika, UU Nomor 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup, UU Nomor 31 Tahun 1999 tentang Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan UU Nomer 20 Tahun 2001, UU Nomer 21 Tahun 2007 tentang Tindak Pidana Perdagangan Orang, dan UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang. Sebagian Besar materi Undang-undang tersebut adalah hukuman materil, sedangkan untuk prosedur baracara yang merupakan hukum formil dan menjadi acuan bagi penegak hukum dalam melakukan penyelidikan, penyidikan, penuntutan, hingga proses persidangan belum diatur secara khusus walaupun ada beberapa undang-undang seperti UU Tipikor yang telah mengaturnya secara terbatas.

Mahkamah Agung dalam melaksanakan Fungsi Mengatur bagi kelancaran penyelanggaraan peradilan telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penanganan Perkara Tindak Pidana oleh Korporasi. Buku ini menghadirkan ulasan mengenai proses lahirnya PERMA tersebut dengan meneropong perspektif filosofis, yurudis, dan sosiologis. Beleid ini tidak hadir secara tergesa-gesa namun melalui berbagai kajian ilmiah serta mendengarkan pendapat dari pihak-pihak terkait agar dapat maksimal dalam pelaksanaannya. Kehadiran aturan ini telah ditunggu oleh berbagai kalangan yang menghendaki agar proses hukum terhadap korporasi-korporasi yang diduga telah mendatangkan kerugian bagi Negara dan masyarakat dapat dilaksanakan dengan mematuhi due process of law dan mengedapankan supremasi hukum.

Download Now
1213