SKKNI Penyuluh Antikorupsi

Download Now
16471

Dalam rangka mengajak keterlibatan masyarakat dalam gerakan pemberantasan korupsi, KPK telah melakukan kampanye kepada masyarakat melalui berbagai program antara lain seperti sosialisasi, festival, lomba-lomba, buku, poster, iklan layanan masyarakat, dan film. Dampak dari kampanye tersebut, kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam pemberantasan korupsi semakin tinggi yang ditandai dengan peningkatan jumlah pelaporan dugaan tindak pidana korupsi oleh masyarakat, peningkatan jumlah undangan kepada KPK sebagai narasumber dalam kegiatan sosialisasi dan pendidikan antikorupsi yang dilakukan secara mandiri oleh masyarakat, dan kunjungan ke gedung KPK untuk berdiskusi dan mempelajari antikorupsi.

Hal ini menandakan besarnya kebutuhan masyarakat akan pembelajaran antikorupsi yang sistematis, efektif, tepat sasaran, dan terukur sehingga dapat berperan dalam pemberantasan korupsi. Namun, tuntutan dan harapan masyarakat tersebut belum terpenuhi secara optimal karena keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki KPK. Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, KPK harus menyediakan materi dan panduan pembelajaran antikorupsi yang dapat dijadikan sebagai rujukan bagi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran antikorupsi secara mandiri.

Tak kalah pentingnya, KPK harus melatih agen-agen perubahan dari berbagai elemen bangsa sebagai penyuluh antikorupsi yang bertugas “menggantikan” peran KPK dalam memenuhi berbagai kegiatan pembelajaran antikorupsi yang diselenggarakan secara mandiri oleh masyarakat. Untuk memastikan para Penyuluh Antikorupsi memiliki kompetensi untuk melakukan penyuluhan secara efektif, diperlukan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Penyuluhan Antikorupsi dan ditetapkan dalam Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI Nomor 303 tahun 2016 tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis Golongan Pokok Aktivitas Profesional, Ilmiah, dan Teknis Lainnya Bidang Penyuluhan Pada Jabatan Kerja Penyuluh Antikorupsi.