banner pcb 2017

KELAS POLITIK CERDAS BERINTEGRITAS


Yayasan Satunama bekerjasama dengan Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat, Kedeputian Pencegahan-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI telah menyelenggarakan Kelas Politik Cerdas Berintegritas (PCB) tingkat Pratama pada tahun 2016. Kelas ini adalah pendidikan politik dan demokrasi untuk siswa SMA-sederajat dan Mahasiswa. Kelas ini diselenggarakan di 9 provinsi antara lain: Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Papua Barat.

Grafik di atas adalah jumlah alumni PCB 2016 baik alumni kelas siswa maupun mahasiswa. Total alumni PCB (kelas pratama) tahun 2016 adalah 433 alumni yang tersebar di 9 provinsi. Mereka telah mendapatkan materi dasar untuk membangun perspektif atau cara pandang tentang politik yang seharusnya dapat membawa kebaikan bersama. Di bawah ini adalah beberapa materi yang telah diberikan kepada peserta PCB 2016 (kelas Pratama):

Siswa Mahasiswa
Etika, Integritas dan Korupsi Etika, Integritas dan Korupsi
Demokrasi Demokrasi
Sistem Pemilu dan Kepartaian Sistem Pemilu dan Kepartaian
Akuntabilitas Sosial Akuntabilitas Sosial
Politik dan Korupsi Politik dan Korupsi
Ekonomi Politik Korupsi Ekonomi Politik Korupsi
Pengelolaan Konflik Kepentingan Pengelolaan Konflik Kepentingan
Korupsi dalam Perspektif Feminisme Korupsi dalam Perspektif Feminisme
Komunikasi Politik dan Penguatan Jejaring Komunikasi Politik dan Penguatan Jejaring

Dari hasil evaluasi menggunakan metode pre dan post test, sebagian peserta meningkat pemahamannya terkait materi yang di berikan, dari yang sebagain besar tidak/sedikit mengetahui, menjadi mengetahui banyak. Untuk memberikan peningkatan pengetahuan yang signifikan, ada serangkaian proses persiapan yang dilakukan oleh tim, dari melakukan indepth assessment, merumuskan kurikulum, mendesain modul, memilih dan melatih fasilitator, sampai dengan memilih dan mengundang narasumber yang berkualitas, tidak hanya itu, peserta pun dipilih melalui seleksi.

Terdapat 65 narasumber dari praktisi maupun akademisi yang memiliki keahlian/pengalaman terkait isu-isu demokrasi, ilmu pemerintahan, politik, dan anti-korupsi yang hadir dalam penyelenggaraan PCB 2016. Beberapa Narasumber yang hadir antara lain Prof. Dr. Katjung Maridjan, Dr. GunGun Heryanto, Prof. Ikrar Nusa Bakti, Abraham Samad, Dr. Rimawan Pradiptya, Dadang Tri Sasongko dan sebagainya. Pelaksanaan PCB kelas Pratama pada tahun 2016 merupakan tahapan awal dari serangkaian Program Dukungan Pembangunan Integritas bagi Masyarakat Politik. Pada bulan Juli-September 2017 KPK bekerjasama dengan Yayasan Satunama akan menyelenggarakan PCB tingkat madya. Kelas ini adalah kelas lanjutan bagi peserta PCB tingkat pratama yang memenuhi kriteria, seperti memiliki minat politik, memiliki komitmen anti korupsi yang dibuktikan dengan aksi nyata pasca PCB pratama.

Target Group

Dukungan Pembangunan Integritas Bagi Masyarakat Politik memiliki tema untuk menumbuhkan generasi politik baru yang beritegritas di Indonesia. Program Kelas tingkat Madya ini kembali akan dilaksanakan di 9 (sembilan) lokasi di Indonesia yaitu Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat.

Target penerima manfaat dari program ini adalah para alumni Kelas Politik Cerdas Berintegritas (Siswa dan Mahasiswa) Tahap-I (Pratama) yang telah mengikuti seluruh rangkaian kelas dari materi pertama hingga akhir.

Metode Pelatihan

Generasi muda yang sadar akan dirinya dan memiliki potensi berkembang serta hidup dalam zaman tehnologi (Generasi X,Y,Z) memiliki kecenderungan mendapatkan informasi atau pemahaman baru dalam situasi yang sesuai dengan gaya hidup dan minat dasarnya. Maka model pembelajaran yang dipakai adalah pull learning dengan siklus belajar eksperensial. Melalui model pembelajaran ini peserta dituntut untuk berpartisipasi aktif. Pijakan belajar dalam kelas PCB Madya berbasis pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki oleh peserta.

Pelaksanaan Kelas PCB

Pelaksanaan Kelas Politik Cerdas Berintegritas Tahap-II (Madya) akan dilakukan sebanyak di 9 provinsi, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Kalimantan Selatan, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat. Dengan peserta adalah alumni dari Kelas Politik Cerdas Berintegirtas Tahap-I (Pratama)

Tujuan

  • Memberikan pengetahuan dan ketrampilan dasar untuk menjadi politisi yang cerdas dan berintegritas kepada kader-kader politik muda untuk mempersiapkan diri bergabung dengan partai politik di masing-masing wilayah serta membangun kehidupan politik Indonesia yang bermartabat dan anti-korupsi;
  • Memberikan pengalaman bagi kader-kader politik muda mengenal habitus partai politik yang ada di wilayah masing-masing;
  • Menumbuhkan sikap dan kesadaran untuk membangun politk Indonesia yang cerdas dan berintegritas bagi kader-kader politik muda di masing-masing wilayah;
  • Menyiapkan kader-kader politik muda di masing-masing wilayah untuk membangun kehidupan politik Indonesia yang cerdas berintegritas;
  • Membangun jejaring antar kader-kader politik muda yang cerdas dan berintegritas di masing-masing wilayah;
  • Membangun jejaring antar kader-kader politik muda dengan partai politik di masing-masing wilayah.
  • Mendorong kader-kader politik muda untuk melakukan aksi (sebagai tindak lanjut) yang mendukung minatnya sebagai politisi yang cerdas dan berintegritas.

Hasil yang Diharapkan

  • Kader-kader politik muda di masing-masing wilayah yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar untuk menjadi politisi yang cerdas, berintegritas serta memiliki komitmen untuk melawan korupsi, membangun kehidupan politik Indonesia yang bermartabat dan anti korupsi;
  • Kader-kader politik muda di masing-masing wilayah mengenal habitus partai politik di masing-masing wilayah;
  • Kader-kader politik muda di masing-masing wilayah memiliki sikap dan kesadaran tentang politik cerdas berintegritas.
  • Kader-kader politik muda di masing-masing wilayah siap membangun kehidupan politik Indonesia yang cerdas berintegritas;
  • Adanya jejaring antar kader-kader politik muda yang cerdas dan berintegritas di masing-masing wilayah.
  • Adanya jejaring antara kader-kader politik muda dengan partai politik di masing-masing wilayah.
  • Adanya aksi kader-kader politik muda sebagai tindak lanjut dari kelas PCB tingkat Madya yang mendukung minatnya sebagai politisi yang cerdas dan berintegritas.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Pelaksanaan kelas Politik Cerdas Berintegritas akan dilakukan di 9 Propinsi: Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Papua Barat.

Pendaftaran Seleksi 5 Mei - 31 Mei 2017
Pengumuman Hasil Seleksi Rabu, 14 Juni 2017

Peserta

Peserta yang berhak mengikuti Kelas Politik Cerdas Berintegirtas tingkat Madya ini adalah alumni Kelas Politik Cerdas Berintegirtas tingkat Pratama yang telah mengikuti seluruh rangkaian kelas dari awal hingga akhir dan lolos seleksi untuk Kelas Madya.