Menilik Sejarah Islam Lewat Kacamata Ekonomi dan Politik

“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian,” pesan dari Pramoedya Ananta Toer. Menulis dengan melihat sejarah, begitulah kira-kira yang dilakukan oleh Suwarsono Muhammad.

Metamorfosis Sandi Komunikasi Korupsi: Membedah Sandi Para Koruptor

Apel Malang, Apel Washington, Uang Jenggot, dan Uang Gondrong, adalah beberapa kata sandi para koruptor yang merujuk pada uang suap. Penggunaan sandi tersebut tampaknya menjadi upaya untuk mengelabui para penegak hukum. Namun seringkali penggunaan sandi tersebut justru menimbulkan kecurigaan dan menghadapkan mereka ke meja hijau.

Gelandangan dalam Keterbalikan Indonesia

Manusia sejatinya hidup abadi karena semua manusia adalah warga asli surga, yang kemudian disuruh Tuhan untuk mampir sejenak di bumi. Bagi Cak Nun, hidup di bumi hanyalah “outbond”, wisata sejenak, karena kampung halaman kita sesungguhnya ada di surga. Perjalanan hidup di bumi, ibarat pergi ke pasar mencari bahan mentah terbaik untuk di bawa pulang ke rumah yang bernama surga.

Menulis Itu Tidak Mudah Tetapi “Mungkin”

Melihat fenomena booming-nya novel Filosofi Kopi karya Dewi Dee Lestari serta rutinitas pekerjaan pegawai KPK yang terkadang sulit untuk mengembangkan diri, Biro Humas mengadakan Komunikasi Internal sekaligus Bedah Buku Perpustakaan dengan tema “Menulis sebagai Terapi dalam Buku Filosofi Kopi” bersama Dewi Dee Lestari yang ditujukan kepada seluruh pegawai KPK di Auditorium KPK Lantai 1 Gedung C-1 pada Rabu, 9 November 2016.