Semai

SEMAI mengajarkan anak-anak 9 (Sembilan) nilai moral yang diharapkan akan menumbuhkan sikap atau perilaku anti korupsi sejak dini dengan contoh perilaku sehari-hari dan cara yang mudah. Semai terdiri dari 3 buah unsur yakni papan permainan (Beberan), Kartu Putih berisi sebuah situasi, dan Kartu Merah berisi satu pertanyaan. Semai dimainkan oleh 2 orang atau kelompok dan dipandu seorang fasilitator. Jumlah anggota kelompok bebas.

Pada papan permainan di tiap sisinya terdapat 9 kotak bergambar. Sembilan kotak tersebut bertuliskan nilai-nilai: kesederhanaan, kegigihan, keberanian, kerjasama, kedisiplinan, keadilan, kejujuran, bertanggung jawab, dan kepedulian. Pesan kunci dalam permainan ini adalah:

 

  • Kesederhanaan adalah sikap atau perilaku yang tidak berlebihan terhadap suatu benda; lebih mementingkan tujuan dan manfaatnya.
  • Kegigihan adalah sikap atau perilaku yang menunjukkan usaha untuk mencapai tujuan; dilakukan terus menerus, tidak mudah menyerah dalam menghadapi masalah atau tantangan.
  • Keberanian adalah sikap atau perilaku yang menunjukkan rasa percaya diri yang besar dalam menghadapi tantangan, kesulitan, dsb; tidak takut (gentar) dengan sesuatu yang diyakini kebenarannya; mau mencoba hal-hal baru.
  • Kerjasama adalah sikap atau perilaku yang menunjukkan usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
  • Kedisiplinan adalah sikap atau perilaku tertib; taat atau patuh pada peraturan (tata tertib dsb) yang berlaku.
  • Keadilan adalah sikap atau perilaku yang menunjukkan perlakuan yang sama kepada setiap orang; memperlakukan orang seperti halnya kita ingin diperlakukan; tidak memihak salah satu; seimbang antara hak dan kewajiban.
  • Kejujuran adalah sikap atau perilaku yang menunjukkan keterbukaan dalam mengungkapkan sesuatu sesuai kenyataan, yang dilakukan, dialami dan dirasakan; bertindak sesuai dengan perkataan; tidak bohong.
  • Bertanggung jawab adalah sikap atau perilaku melaksanakan suatu tugas dari orang lain atau dari diri sendiri dengan sungguh-sungguh sampai selesai; sanggup menanggung resiko dari apa yang telah dikerjakan/diperbuat.
  • Kepedulian adalah sikap atau perilaku memperhatikan hal yang terjadi di sekitar; peduli terhadap orang lain; mau berbagi dan menghormati orang lain.

Selengkapnya, download material game SEMAI: