edu icon header

Edukasi

Menyajikan program pelayanan pendidikan masyarakat tentang pengetahuan antikorupsi, media pembelajaran, audio visual antikorupsi, dll.

Edukasi

edukasi homeSelain melakukan tindakan represif, KPK sebagai lembaga anti-rasuah di Indonesia juga melakukan upaya-upaya pencegahan korupsi. Upaya tersebut salah satunya melalui edukasi seperti pendidikan, sosialisasi dan kampanye antikorupsi. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang buruknya perilaku korupsi. Dengan pemahaman ini masyarakat diharapkan secara sadar dan peduli dapat turut andil dalam upaya pencegahan korupsi, baik dari diri sendiri, lingkungan keluarga, sosial masyarakat, bahkan dalam lingkup yang lebih luas lagi.

Selain melalui kegiatan atau aksi, dalam menjalankan fungsi edukasi ini KPK juga menyediakan berbagai modul pembelajaran, baik untuk para pelajar PAUD, TK, SD sampai SMA. Tidak cukup kepada segmen pelajar, KPK juga menyediakan materi-materi edukasi antikorupsi untuk para mahasiswa, guru, orang tua, bahkan masyarakat secara umum.

KPK juga melakukan berbagai kegiatan kampanye, seperti Teacher Supercamp, Anti-Corruption Youth Camp, dan lain sebagainya.

Dalam memberantas korupsi, KPK sadar tidak dapat dilakukan sediri, oleh karena itu KPK terus mengajak dan menggandeng berbagai stakeholder terutama masyarakat secara luas untuk bersama-sama memberatas kejahatan yang mempunyai dampak luar biasa ini. Tidak hanya dampak ekonomi, namun sosial, politik, bahkan terhadap psikologi manusia.