edu icon header

Edukasi

Menyajikan program pelayanan pendidikan masyarakat tentang pengetahuan antikorupsi, media pembelajaran, audio visual antikorupsi, dll.

AKUKPK: Aksi Komik untuk KPK

Kami tak pernah letih dan kehabisan akal melawan korupsi. Itulah yang selalu kami gelorakan saat mengemban amanah dalam pemberantasan korupsi. Semua metode dan medium komunikasi akan kami gunakan. Beragam kalangan, mulai dari pelajar, pengusaha, kaum perempuan, birokrat, dan tak terkecuali seniman, juga telah kami rangkul agar tugas pemberantasan korupsi terasa lebih mudah.

Inilah kolaborasi yang kami lakukan melalui Aksi Komik Untuk KPK (AKUKPK), yang menggandeng komunitas komik untuk menyuarakan perlawanan terhadap korupsi. Sinergi ini dimulai sejak Juni 2017, saat KPK bersama LemariBukuBuku - sebuah komunitas yang bergerak untuk donasi buku dan juga wadah para illustrator mulai mengkompilasi komik dan ilustrasi grafis bertema AKU KPK - Aksi Komik untuk KPK. Kegiatan yang berlangsung secara online ini berhasil mengumpulkan 30 komik dan ilustrasi grafis karya para ilustrator muda berusia 18-26 tahun dari berbagai kota di Indonesia.

Kegiatan “AKUKPK” tidak hanya sekadar menjadi simbol dan jargon. AKUKPK adalah sebuah identitas dan perasaan in group setiap kita untuk ‘menjadi KPK’ yang memiliki tugas pemberantasan korupsi dalam skala dan lingkup apapun. Bahwa AKUKPK adalah sebuah tafsiran yang memaknai bahwa perang terhadap korupsi adalah kewajiban setiap anak bangsa, tanpa terkecuali. Dan perang suci itu, kalau boleh disebut demikian, harus dilakukan pada semua medan, termasuk melalui karya seni berupa komik/grafis itu sendiri.

DOWNLOAD
569